Selasa, 31 Agustus 2010

Bimbingan dan Konseling di sekolah saat ini...

Suatu Ketika,..
di sebuah sekolah,.. di dalam sebuah ruangan yang di pintunya terpasang papan nama " RUANGAN BK", seorang guru pembimbing terlihat sibuk.
sesekali dia nampak membuka-buka arsip, seperti sedang mencari informasi. Mungkin informasi tentang biodata tentang siswa asuhnya, atau mungkin saja sedang membuka kembali Rancangan Program tahunannya.
setelah itu dia keluar ruangan, dan berkeliling di sekitaran sekolah itu.
Di depan sebuah kelas, dia mendapati beberapa orang siswanya dengan pakaian yang tidak rapi. Siswa itu kemudian dipanggil dan di beritahu sesuatu oleh pembimbing, mungkin nasehat atau mungkin semacam teguran. Belakangan diketahui, ternyata siswa-siswa itu adalah "Pengunjung rajin" ruang BK. Siswa yang kedapatan itu kelihatan menggerutu, dan berkata,"WADUH,.. DAPAT HUKUMAN LAGI NIH"
Guru Pembimbing itu kemudian membawa siswa-siswa itu ke ruangannya,...
Cukup lama mereka berada di dalam. dan beberapa saat kemudian, siswa itu keluar dengan masing-masing membawa secarik kertas. kertas itu ternyata adalah surat pernyataan siswa untuk tidak lagi melakukan pelanggaran.
di luar ruangan, siswa itu berpapasan dengan seorang guru bidang study di sekolah itu. sang guru kemudian menyapa dan menanyakan perihal kertas itu. setelah membacanya, guru itu nampak tersenyum sambil berkata,.....
"SAYA SIH JUGA BISA KALO CARANYA SEPERTI INI,....."
Di lain waktu kemudian,...
seorang guru mata pelajaran masuk ke dalam ruang BK. Dia meminta agar digantikan sejenak untuk mengisi jam pelajarannya, karena katanya dia sedang ada urusan mendadak di luar. karena sedang tidak ada kerjaan, guru pembimbingpun menyanggupinya dan masuk mengisi jam pelajaran di kelas itu.


Peristiwa-peristiwa seperti ini mungkin adalah gambaran umum tentang kerja-kerja profesi yang dilakukan oleh para alumni2 Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Hal Tersebut menuntun kita untuk berpikir bahwa ternyata Masih banyak hal yang harus dibenahi. Mulai Kualifikasi person dari seorang pembimbing, Pencitraan, Sampai kepada pemahaman elemen2 yang ada di sekolah tentang Peran dan Fungsi dari Bimbingan dan Konseling.

Saya melihat hal-hal seperti inilah yang menarik untuk didiskusikan bersama teman-teman yang kelak akan terjun di profesi ini. Semoga saja muncul gagasan2 baru untuk ke depannya melalui diskusi-diskusi yang kita lakukan di Group ini.
(kiriman sdr. Muh. Alfian (Universitas Negeri Makassar))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar